Tuesday, February 14, 2006

Kepribadian Ganda...

Sebuah keseharian di lingkungan birokrasi Indonesia…

Awan : “Wah, ada duit nganggur nih... uhuy!!! Mantap!!”
Ajat : “Wah, bener nih wan... Lumayan buat bayar cicilan-cicilan 4 bulan... Bisa tuh kayanya“
Awan : “Bener juga ya... asiiik, lumayan, bisa ngasih ke ibu lebih bulan ini“
Ajat : “Naah... kan... bagus tuh!!“
Asad : “Lu yakin ntu duit lu wan?“
Awan : ”Eh, Asad, dari mana aja lu?? Ya yakin lah, insya Allah, semua juga ngambil kan?”
Ajat : ”Iye lu Sad, tau-tau dateng maen langsung nimbrung aja! Ya iyalah ntu duitnya si Awan...”
Asad : ”Lho?? Bukannya itu duit operasional?? Kalo ga dipake operasional, mestinya dibalikin dong?”
Awan : ”...”
Ajat : ”ah, ya kagak! Sejak batu pondasi bangunan ini didiriin, kagak pernah ada yang namanya orang ngebalikin duit dinas!
Lagian, pos pengembaliannya juga ga ada kan?”
Awan : ”mmmm... iya sih jat, tapi.... kok... emang agak aneh sih...”
Ajat : ”aneh bagemana?”
Asad : ”Aneh karena yang lu tau, hak lu di perjalanan dinas itu sampe sebatas lumpsump kan? Namanya juga duit operasional, jadi lu pake buat operasional dinas lu! Ya sebatas itu!”
Ajat : ”ya tapi kan sisa! Emang disananya aja lu berhemat kan?? Jadi sisa. Jadi wajar dong kalo uang itu lu ambil, kan mestinya juga emang lu pake?”
Asad : ”Tapi perkaranya, ternyata nggak lu pake kan?? Lagian, mestinya setiap pengeluaran dari uang operasional itu ada kuitansinya kan? Emang tu uang sisa ada kuitansinya?
Awan : ”ya nggak sih sad, namanya juga sisa, mana ada kuitansinya.... Tapi kata bos, disuruh bikin kuitansi sendiri aja, gedein pengeluaran2 yang riil, sampe nominal uangnya abis, terus uangnya gw ambil aja. Gitu.”
Ajat : ”Nah, masalah terpecahkan kan?”
Asad : ”Lah?? Lho??? Jadi lu manipulasi kuitansi dong!”
Awan : ”ya nggak gitu.... eh... iya ya??”
Ajat : ”nggak... kan disuruh bos lu, jadi dosanya ke dia dong..”
Asad : ”Palalu ke dia???!!! Yang ngelakuin kan tetep elu wan! Dan uangnya juga jatohnya ke elu! Kalo emang itu manipulasi kuitansi, haram dong tu duit.”
Awan : ”Taptap...tap...tapi... jadi gw nolaknya bagemana? Eh, jadi harusnya gw tolak ya?”
Ajat : ”YA KAGAK! LU AMBIL LAH!”
Asad : ”Ngawur! Ya tinggalin! Bilang aja apa adanya, lu ngomong yang bener ke bos lu!”
Awan : ”Tapi...”
Asad : ”Tapi apa lagi? Kebutuhan lu? Takut ntar lu kelaparan? Takut ga ada tabungan? Takut ga bisa bayar cicilan? Takut ga bisa ngasih ke emak lu? Takut?? Takut lu??”
Awan : ”mmmm.... ya... iya sih... hehe...”
Asad : ”CUPU amat lu kayak gitu aja takut? Kagak yakin amat ama Allah?”
Ajat : ”lah, ini rejeki men! Kagak boleh lu nolak rejeki!”
Awan : ”tapi kan, ni kagak jelas statusnya jat... ya jadi belom jelas dong ini rejeki ato musibah”
Ajat : ”terserah lu aja dah! Pokonya gw udah ngasi tau lu ya...”
Asad : ”nah, gitu dong... ngarti juga lu ahirnya...”
Ajat : ”tapi, terus duit2 laen yang kagak jelas statusnya gimana?”
Awan : ”maksud lu jat?”
Ajat : ”ya, honor2 waktu rapat di hotel, honor2 kagak jelas waktu lu lembur, dsb?”
Awan : ”eh, iya ya... tapi kan itu gw emang kerja jat! Jadi wajar dong gw ambil duitnya?”
Ajat : ”tapi kan di anggaran proyek kagak ada tuh pos anggaran buat duit lembur?”
Ajat : ”jadi kagak boleh diambil juga?? Ya elah, jadi apa yang boleh diambil dong? Kagak jelas statusnya itu kan bukan berarti kagak boleh diambil!”
Asad : ”justru, kagak jelas statusnya itu juga bukan berarti boleh lu ambil. Yang pasti boleh lu ambil adalah yang udah jelas hak lu! Gimana ngebedainnya? Yah, gw rasa lu juga bisa tau kan wan... ada yang bikin lu tenang, dan ada yang bikin lu ga bisa tidur.”
Awan : ”hhhh... yaaa... gw rasa emang begitu ’sad. Selama ini yang gw ambil adalah yang menurut gw emang hak gw, atau emang gw layak dapet itu... tapi gw ga mikirin asalnya. Eh, tapi kalo yang di hotel kan emang ada anggarannya kan sad? Maksud gw, udah ada posnya di anggaran acara, dan itu resmi.”
Asad : ”ya kalo gitu berarti mungkin emang hak lu...”
Ajat : ”set dah! Idup tu buat dinikmatin, bukan dibikin susah!”
Awan : ”UDAH! CUKUP! Oke, kali ini lu yang menang sad! Sisa duit operasional itu bakal gw balikin... tau dah, bodo amat bagemana reaksi dari atasan. Lagipula, gw rasa itu ga bakal terlalu mempengaruhi sistem, berhubung gw masih kroco disini.”
Asad : ”Memang itu ga bakal mempengaruhi sistem wan, lu belom cukup kuat untuk itu. Tapi minimal, itu ga nyelakain lu di akhirat. Insya Allah..... Hehe, sori jat, kali ini gw yang menang... huahahahahahahahaha !!!!”
Ajat : ”oke-oke, gw ngaku kalah kali ini... yaaah... mungkin emang harus gitu wan... eh, ada baiknya ini lu tulis di blog lu. Siapa tau bisa jadi sebuah pelajaran, pengingat buat temen2 kita yang ada di kebingungan yang sama, you know lah, temen2 kita juga banyak yang di instansi beginian.”
Awan : ”bener juga lu jat...”
Asad : ”Tumben lu jat, ngusulin begituan... usul lu bagus... tapi... lu yakin ngga sedang menggoda si awan dengan riya’ ?”
Ajat : ”Riya’ gimana maksud lu sad? Itu sih tergantung si Awannya. Iya ga wan?”
Awan : ”mmmm... bener juga lu sad... potensi riya’ kayanya cukup besar kalo gw muat ini di blog... dan itu dosa juga. Tapi..... jadi gimana dong???”

Keterangan :
Ajat = Awan JAhaT
Asad = Awan lagi SADar
Awan = ya Awan, gw sendiri...

Begitulah, percakapan sehari-hari di lingkungan kerja saya... Pada kasus pertama mengenai sisa uang operasional, Asad menang. Tapi di kasus kedua mengenai potensi riya’ dalam pemuatan percakapan ini di Blog, yaaa.... saya tidak tau siapa yang menang, tapi yang jelas, akhirnya percakapan ini saya muat...

Tapi memang begitulah hidup saya, terkadang si Asad yang menang, terkadang si Ajat. Kalau sudah begini, kadang2 saya merasa seperti berkepribadian ganda...

Ibnu Khaldun dalam konstelasi pedagogiknya terkenal dengan konsep fitrah, yaitu konsep bahwa semua anak sebenarnya terlahir baik, lahir dalam Tauhid yang baik. Tetapi kemudian perkembangannya menjadi baik atau tidak juga tergantung pada kondisi eksternalnya. Berarti, potensi untuk baik sekaligus potensi untuk jahat itu memang ada pada manusia. Kebaikan dan kejahatan memang beriringan??

O iya, mengenai postingan ini, kalau ada yang tersinggung, saya mohon maaf. Saya tidak sedang mencela semua PNS secara keseluruhan. Tapi saya tidak bisa memungkiri, hal2 seperti ini memang terjadi di depan mata saya hampir setiap hari, berhubung saya juga bekerja di sebuah instansi pemerintahan, meski berstatus kontrak. Mungkin juga ini hanya terjadi pada saya, atau cuma khayalan saya saja... Tapi, Semoga teman2 yang PNS bisa membawa angin perubahan yang baik di masa depan. Saya yakin Allah akan bersama teman2 yang berjuang.

Tulisan ini juga ditujukan untuk kawan2 yang sama seperti saya, sedang beraktifitas di instansi pemerintahan. Saya yakin, kawan2 masih bisa membedakan mana yang bikin tenang, dan mana yang bikin kita ga bisa tidur.

(ditulis ketika keikhlasan saya sedang dalam titik kulminasi terendah, yaitu ketika saya sedang dalam masa2 sulit dalam hal keuangan, sehingga kembali mempertanyakan keputusan saya mengenai uang operasional itu... Ya Allah... kuatkanlah hambaMu yang lemah ini.... hiks...)

No comments: