Monday, December 12, 2005

TIMUN !!!

oke, ini sudah keterlaluan !!!!

Seperti biasa, sabtu dan minggu lalu saya berada di Bandung... biasa... refreshing...
Yang tidak biasa adalah, tidak tanggung-tanggung saudara2, hampir SEMUA orang yang saya temui mengatakan :

-"wah, wan, tambah gendut lu!! enak ya duit hasil korupsi?" --> SETAN ALAS!! SIALAN!! Eh, salah... semoga bisa menjadi pengingat bagi saya di dunia birokrasi yang penuh kebobrokan ini, bahwa yang haram itu biasanya enak, tapi tetap haram!

-"eeeh, kang awan... agak gemukan ya??" --> set dah, dah lama ga ketemu, nanya kabar kek apa, maen langsung tembak perut aje nih...

-"eh, awan, assalamualaikum... wah, badannya jadi... (sambil memeragakan kedua tangan melebar, mirip kingkong, maksudnya, badan saya tambah lebar) --> ckckck, ni anak ketemu gw sebulan sekali aja jarang kali... bisa-bisanya dia tau saya tambah ndut...

-"Nah, mun posisi kitu, katingali pisan maneh nambah gendutna!! (nah, kalo posisi gitu, kelitan banget lu tambah gendut!)" (posisi saya sedang duduk malas, punggung bungkuk, diatas sepeda motor teman) --> mungkin karena duduknya tidak tegak, buncitnya perut jadi jelas kentara...

-"gapapa kok, biar tambah gendut juga ****(sensor nama) tetep *****(sensor satu kata sifat) kok..." ---> ya, tetep ***** sih bagus, tapi ga usah nyinggung perut dong...

-"tuh, si mas awan mah, badannya dari dulu gituuu aja, paling berubah dikit juga di perut." --> okey, okey, gw gendut! PUAS?

-"Buset dah lu wan! kalo pake baju sih masih ketutupan... lu jangan ganti baju di depan gw lagi dah! bisa mimpi buruk gw! keliatan banget gendutnya lu!!!" (seorang teman kos) --> semoga mimpi indah....

-"huahahahaha, ntu kan bajunya si **** (sensor nama, seorang teman kos yang sudah lebih dulu gendut dibanding saya) yang lu pake... pas wan, berarti badan lu udah sama ama si **** (orang yang sama)" --> tau gini gw ga minjem baju ini dah...

-dll dll...

MEMALUKAN !!! GUA HARUS DIEEEEEEETTTTT !!!!!!!

heh??
awan??
diet??

Sampai sejauh ini, hal-hal yang paling efektif membuat saya kurus adalah : OS, jadi panitia OS, studio, kabinet dan kongres KM ITB. sialnya, hal-hal itu sudah ga ada lagi dalam hidup saya... Olahraga? JANGAN TANYA!! selama di jakarta, mungkin yang paling membuat saya mengeluarkan keringat cuma kereta, tapi kata si ipin, mengeluarkan keringat ga efektif buat bikin orang jadi kurus...

Sebenarnya proses sehingga saya menjadi seperti sekarang ini... seingat saya... dimulai ketika saya ke papua selama 2 minggu pada bulan maret 2005 lalu. Tepatnya ke Kabupaten Yahukimo yang sekarang lagi bencana kelaparan. Waktu itu, hampir semua orang yang kami temui mengingatkan kami (tim surveyor) tentang bahaya malaria. dan cara termudah mencegah malaria (selain ngemil kina tentunya) adalah dengan JANGAN PERNAH membiarkan perut kosong. "Kalau perut kosong, malaria mudah masuk toh!!?? jadi bapak lapar sedikit, ah sudah, makan saja apa yang ada di depan bapak, jadi kuat toh??!!". Dan jadilah, perut kami di sana selalu diusahakan diisi, apalagi saya ga perlu memikirkan soal uang makan, segalanya ditanggung pimpro... hahahahaha!! mana makanannya?? sini saya makan toh??!!

Dan sepulang dari Papua... ya begitulah... pipi agak gendut, perut agak tembem... sangat berbeda dengan 3 minggu sebelumnya, dimana perjuangan hidup seorang mahasiswa kos-kosan masih melekat...

Dan kemarin, ketembeman perut bertambah... hanya karena 2 minggu terakhir pola hidup saya agak berubah...
29 November-1 Desember lalu, nginep di Hotel Bidakara, jadi panitia seminar... yap, makanan tersedia tanpa batas, dan enak2 pula... segala macam protein hewani dan nabati tersedia... tidak perlu saya sebutkan menunya, karena saya juga tidak tau... tapi pola itu berlangsung selama 3 hari. Yap, 3 hari di hotel, 3 hari tidak naik kereta. Setelah itu, ada selametan mbah saya karena akan pergi naik haji (doa dari saya mengiringi mbah...). Namanya selametan... yah, buat mantan anak kos, artinya tentu... MAKANAN!!!

minggu depannya, selama 3 hari 3 malam kemudian saya menginap di sebuah hotel di puncak, diminta jadi fasilitator sebuah diklat untuk kelompok2 masyarakat peduli tata ruang di bodetabek (bogor,depok, tangerang, bekasi)... itung-itung bantu teman, dan tambah pengalaman bagaimana memimpin sidang yang pesertanya bapak2 tua2 semua... jauh berbeda dengan memimpin mahasiswa ternyata... Dan, walaupun makanannya tidak seenak di bidakara, tapi konsumsi snack dan kopi tersedia tanpa batas, ditambah udara dingin yang membuat kami selalu lapar :p Seminggu itu, saya sama sekali tidak naik KRL ekonomi... Lalu sabtu minggunya ke bandung.

dan akhirnya... beginilah...

Pipi agak buncit... perut jadi semakin tembem...


Bagaimana cara diet yang baik??
Mungkin saya harus mengikuti metode teman SMA saya...

Mulai sekarang saya hanya akan makan TIMUN!!
satu timun untuk sarapan... 2 timun untuk makan siang... mungkin 2 timun juga untuk makan malam...

Haditsnya... katanya kita adalah apa yang kita makan...
Apa artinya, badan saya bakal mirip timun ya??

Yah.... mungkin penyikapan terhadap hal ini yang paling bijak adalah...
Kalau saya gendut... alhamdulillah, berarti rizki saya sedang dilancarkan...

awan?
diet?
plis deh...

No comments: