Tuesday, August 16, 2005

Ada Apa Dengan... Setan !!

Agak aneh memang...
atau setidaknya, buat saya, perihal setan dan kawan-kawannya.

Keanehan buat saya dimulai ketika menyadari, kok citra setan itu begitu buruknya ya?
Oke, harap jangan disalah-persepsikan dengan jin kafir.
Saya masih kurang pengetahuan, apakah jin kafir itu termasuk anak buahnya setan atau bukan.

Setan yang saya maksudkan itu adalah setan yang dulu diusir dari surga karena menolak ketika diperintahkan oleh Allah untuk bersujud pada Adam.
Atau Iblis ya? yang mana sih yang benar?
Setan dengan iblis apa bedanya?

Terlepas dari persoalan terminologi, satu hal (eh, banyak ding) yang sampai sekarang masih jadi pertanyaan itu adalah...
Benarkah setan itu (yang dulu diusir dari surga itu) akan diampuni oleh Allah pada hari kiamat nanti?
Kalau benar akan diampuni, lalu yang menghuni neraka bareng manusia-manusia berdosa itu siapa dong?
Kalau benar akan diampuni, lalu mengapa Allah mengizinkan setan melakukan apa-apa yang sering kita tuduhkan pada setan itu ? maksudnya, ya termasuk menggoda manusia dsb-dsb, pokonya yang jahat-jahat lah.
Kalau tidak akan diampuni, lalu mengapa Allah menciptakan setan?
Kan Allah tau, setan taunya bakal jahat? Mengapa Allah menciptakan sesuatu yang akan dilaknat sepanjang hidupnya (si setan itu maksudnya) ?
Kok saya bertanya seperti anak kecil ya?

Apakah sudah ketentuan? nah, justru jawaban2 seperti itu ("sudah ketentuan" dsb, termasuk jawaban model : "hanya Allah yang tau...") yang membuat saya makin penasaran. Karena bukankah dalam penciptaan langit dan bumi, bahkan dalam terjadinya siang dan malam itu terdapat tanda2 bagi orang2 yang berpikir? jadi dalam asumsi saya, sebenernya Allah itu menjelaskan semua-semua ketentuannya, kalo mau kita pikirin.

Sebenernya pertanyaan-pertanyaan ini muncul setelah saya membaca beberapa kisah yang... sepertinya agak masuk akal, setidaknya buat saya... tentang setan

cerita pertama, saya baca dari buku-buku tassawuf. Ceritanya ada seorang alim yang bisa melihat setan dan kawan-kawannya makhluk halus lain. Dalam satu kesempatan, bercakap-cakaplah dia, dan bertanya kira-kira gini, "tan, lu ngapain sih ngegoda-goda orang buat ngelepasin keimanannya? lu kagak takut sama Allah apa? Ntar dihukum lu... gara-gara lu tuh, banyak orang jadi bikin dosa."

Terus jawaban si setan itu yang bikin saya mikir. Jawabnya, kalo dalam bahasa gaul sehari-hari sekarang kira-kira gini, "eits, sebentar, jangan sembarangan coy, gini-gini gw juga takut ama Allah. Lu belom liat aja kuasa Allah. Na gw, udah liat langsung kuasa Allah dari dulu, bahkan sejak di surga. Ini aja gw diusir dari surga udah hukuman berat buat gw. Mana gw berani macem-macem lagi. Sebenernya sih gw ga pernah ngegodain manusia buat ngelepasin keimanannya, gw terlalu takut ama Allah. Yang gw lakukan cuma mungutin keimanan manusia yang berjatuhan dari jiwa mereka, karena manusia sendiri sebenernya sangat mudah melepaskan sendiri keimanan mereka karena hal-hal sepele di dunia."

Buat saya, jawaban si setan itu sangat... masuk akal, logis. Kenapa kita ga pernah mikir kalo si setan itu juga sama takutnya pada Allah seperti kita? bahkan lebih, karena dia lebih mengenal Allah dibanding kita (eh, bener ga sih?). Selain itu, bener juga, perihal dosa, orang kita yang bikin sendiri kok, terus kok kita selalu nyalahin setan karena ngegoda kita ya? maksud saya, orang kita sendiri kok yang memutuskan untuk berbuat dosa, dan mungkin karena kita pada dasarnya takut untuk bertanggung jawab, maka kita berusaha sedikit bercuci tangan, mencari kambing hitam. Ya si setan itu.

Tapi aneh juga ya, kalo kita berdoa kan biasanya kita mohon dilindungi dari godaan setan yang terkutuk... berarti dari sudut tertentu, mestinya bener juga, dalam taraf tertentu emang kita digoda... Nah loh?
Keanehan kedua, ngapain juga dulu dia goda2in hawa buat makan buah khuldi? dan kenapa Allah ngebiarin? kaya udah setting-settingan...

Cerita kedua yang mau saya bagi, itu adalah adanya klaim dari beberapa orang sufi, bahwa mungkin, setan itu dulunya juga malaikat, terus karena kasus Adam itu dia jadi setan. Tapi, klaim itu juga mengatakan bahwa mungkin, si malaikat yang jadi setan itu adalah malaikat yang paling mencintai Allah, dalam pengertian mencintai Allah melebihi malaikat yang lain. Kenapa? karena mungkin, dulu dia ga mau sujud ke Adam karena dia ngerasa bahwa hanya Allah yang patut untuk disembah, dan kecintaannya itu membuat dia hanya mau bersujud pada Allah saja.

Klaim yang, lagi-lagi, buat saya, masuk akal.
Masuk akal karena ini jadi dasar buat pertanyaan "Benarkah Allah akan mengampuni setan pada hari kiamat?"

Masuk akalnya adalah karena, dalam pemikiran saya,
kalau memang masuknya manusia ke surga atau neraka itu ditentukan oleh pahala dan dosa, maka mungkin Allah butuh sesuatu untuk "menyeleksi" manusia. Dan setan itu emang "disetting" Allah buat jadi alat (atau makhluk) yang menghadirkan ujian-ujian itu buat manusia... bener ga ya?

Maksud saya, kalo emang bener kaya gitu, berarti agak2 ga adil juga kalo kita mencitrakan si setan itu begitu buruk, ato setidaknya, ga adil kalo kita mencitrakan setan itu begitu jahatnya sampe kita musuhin dari dalem hati.
Karena kalo emang bener, bukankah penciptaan setan itu juga bermanfaat buat kita? setidaknya buat menjadikan hidup kita ada tantangannya dikit lah di dunia =p dan ukuran masuk surga-nerakanya jadi jelas.

Itu juga, perihal surga-neraka, akan saya bahas laen kali.

eh, jangan salah sangka ya,
posting ini BUKAN berarti :
1. saya pemuja setan
2. saya mau ngebela setan
3. saya mau nyindir malaikat
4. saya berusaha menyarankan temen2 buat muja setan

bukan, bukan gitu, saya cuma mencari makna hidup
mohon maklum.

1 comment:

Prediksi Bola said...

Ada apa dengan agan ??? he..he...