Thursday, July 16, 2009

Jam Kerja? Jam Kantor? Apa itu?



Tadi malam, ketika jam menunjukkan pukul 19.30, saya bersiap meninggalkan kantor. Saya pikir: "hey, sudah jam 19.30. Orang-orang sudah pada pulang semua. Saya biasa datang jam 8 pagi dan jam segini saya masih di kantor. Saya memang rajin."

Akan tetapi kejadian 12 jam berikutnya membuat saya sadar bahwa kesombongan itu akan selalu mendapatkan hukuman.

Tepat ketika saya beranjak hendak pamit ke bos, pak bos malah bertanya: "Wan, nanti tidur di sekretariat kan? Dekat lah ya, gak ke Bogor. Saya minta tolong dong. Ini ada kerjaan sedikit... blablablablablablabla..."

"Sial..." (pikir saya dalam hati)

Dan akhirnya duduklah saya kembali didepan komputer kantor, mengetik-ngetik, dan memesan mie goreng sebagai makan malam karena cacing-cacing di perut saya yang gendut ini mulai berteriak karena mereka takut kurus. Tentunya, mie goreng itu saya bayar sendiri.

Akhirnya, selesailah pekerjaan itu pukul 21.30. Saya segera pamit dan langsung keluar karena badan sudah gerah ingin mandi, dan mata sudah ngantuk ingin bobo. Saya tidak ingat berapa lama saya tidur. Tapi yang jelas saya bangun sekitar pukul 05.15.

Ketika saya bangun, seorang teman sudah datang menghampiri.
Kata-katanya cukup mengejutkan. Bos akan datang ke tempat saya tidur itu sekitar 10 menit lagi. Saya disuruh dibangunkan dan siap-siap, tapi tidak perlu mandi dulu katanya.

Pada akhirnya memang pukul 05.45 Pak Bos sudah datang, masih dengan celana pendek dan kaus oblong yang dipakainya tidur. Saya pun menghadap dengan memakai sweater yang saya pakai setiap malam untuk tidur (sehingga belum dicuci selama seminggu) dilengkapi sarung yang juga belum dicuci selama seminggu. Itulah setelan tidur saya setiap hari memang.

Ternyata ada koreksi-koreksi untuk pekerjaan saya yang semalam. Dan sebelum jam 7 saya diminta untuk menyelesaikan koreksian itu, sambil menunggu dia menumpang mandi. Maka jadilah saya menyalakan komputer pukul 06.00 untuk kemudian bekerja sampai pukul 07.00, kemudian mandi, dan bergegas ke kantor pukul 08.00.

......



Heran.
Seingat saya, pada zaman revolusi industri di Inggris setelah James Watt menciptakan mesin uap dulu, diciptakan sebuah konsep yang namanya "jam kerja". Untuk yang kerja kantoran ya namanya "jam kantor".
Pun pada tahun 1960-an ketika banyak serikat pekerja bermunculan di seluruh dunia, setau saya diciptakan sebuah mekanisme yang dinamakan "upah lembur".

Itu apa artinya ya?

1 comment:

Ania said...

Nah! itu juga pertanyaan saya Wan! *benar2 menikmati baca blognya Awan..*