Tuesday, May 15, 2007

Pertanyaan Bodoh

Langsung pada intinya aja ya... (tumben-tumbenan saya begini)

Berikut beberapa kisah mengenai pertanyaan bodoh...


Mana yang Lebih Rugi?

Beberapa waktu yang lalu, saya masih jarang naik kereta ekspres (sekarang dah mulai sering tidak disiplin dalam hal pengeluaran), sehingga saya tidak tahu kalau harga tiket kereta bogor ekspres itu sama rata, meskipun penumpang itu turun di Depok maupun Bojonggede. 11 ribu rupiah. Pada suatu malam di Stasiun Sudirman, saya bertemu seorang teman yang rumahnya di Depok. O iya, sekedar info, kereta bogor ekspres yang dari Tanah Abang sebelum sampai Bogor akan berhenti dulu di Depok dan Bojonggede.

TSYRDD (Teman Saya Yang Rumahnya Di Depok) : Hei Wan, naik kereta juga?

ADA (Awan Diga Aristo) : Iya Pak. Sekali-sekali naik ekspres =D

TSYRDD : Oooh, sekali-sekali... pantes jarang liat. Turun dimana?

ADA : Bogor Pak. Bapak turun dimana?

TSYRDD : Depok.

ADA : (kehabisan bahan obrolan) Ooooo... emang kalo Depok harga tiketnya berapa pak?

TSYRDD : Sama. 11 ribu. Kan tiketnya sama sama punya kamu.

ADA : (baru tahu kenyataan ini) Ah, masa sih pak? Kalo gitu rugi dong yang turun di Depok dan Bojong? Bayarnya sama kaya ke Bogor.

TSYRDD : (diam sebentar) Ya tapi kalo saya ikut dulu ke Bogor terus baru balik lagi ke Depok, lebih rugi lagi kan?

ADA : (diam karena merasa telah mengajukan pertanyaan bodoh)


Penyebab Kematian

Kereta ekonomi melintasi Stasiun Pasar Minggu, ketika terdengar teriakan histeris orang-orang di peron stasiun.

OODS (Orang-orang di Stasiun) : Mati tuh!! Mati kayanya!! Kasian banget!! Tolongin pak!!

OODGK (Orang-orang di Gerbong Kereta) : (melongok-longok ke jendela dan pintu) Ada yang mati ya?? Ckckckck... kasian amat....

ADA (Awan Diga Aristo) : Ada kecelakaan pak? Meninggalnya kenapa?

GTS,KOAND (Ga Tau Siapa, Kayanya Orang Asal Nyeletuk Doang) : Ajalnya dateng kayanya.

ADA : (Sialan! Gw jg tau itu mah.... lantas ngapain saya tanya yah?)


Namanya Juga Dagang

Sendal saya di Bandung hilang. Karena akan jalan-jalan dengan seseorang yang selalu memarahi saya apabila saya berkeliaran dengan sendal jepit kebanggaan saya, saya memaksakan diri membeli sendal yang pokoknya terlihat bagus, tapi harus murah! Pasar Simpang Dago menjadi pilihan. Perbincangan terjadi dalam bahasa sunda. Saya terjemahkan biar semua bisa mengerti.

TS (Tukang Sendal) : Nyari sendal pak?

ADA : (dasar ni tukang dagang, ngajuin pertanyaan bodoh!) Ya kalo nyari beras saya gak kesini pak. Mana yang bagus?

TS : Iya ya.... bener juga... pilih aja, semua juga bagus kok.

ADA : (memilih satu sendal) Ini berapa pak?

TS : 20. bisa kurang lah

ADA : Masa kaya gini 20? 10 kali...

TS : 15 deh. Kualitas dijamin itu mah pak.

ADA : sama siapa?

TS : ya sama saya... Ini saya juga pakai nih (sambil memperlihatkan kakinya yang memakai sendal sama persis dengan yang saya pilih).

ADA : Awet ga?

TS : Awet pak! Ini saya pakai dari lebaran kemaren belom rusak-rusak.

ADA : Enak ga dipakainya?
TS : enak pak! Empuk. Ga bikin lecet kaki.

ADA : Ga licin ya?

TS : Anti selip!

ADA : perasaan saya tanya kok bagus-bagus semua?

TS : Ya namanya juga orang dagang pak. Masa saya bilang dagangan saya jelek?

ADA : (garuk-garuk kepala) Yaudalah, bungkus pak!


Barang Hilang

Teman saya kehilangan jam tangan pemberian pacarnya. Datang sambil memaki-maki peruntungannya.

TSYKJ (Teman Saya yang Kehilangan Jam) : Setan! Jam gw ilang!

ADA : Sabar... ilang dimana emangnya?

TSYKJ : kagak tau gw.

ADA : ko ga tau?

TSYKJ : Ya kalo gw tau tu barang dimana terakhir, namanya ga ilang dong!

ADA : (sabar... sabar...)


200 meter?

Selepas SMA, saya bersama seorang teman bermaksud mencari beasiswa kuliah di negeri orang. Kedutaan negeri manapun kami datangi, mulai dari Jepang sampai Portugal dan Venezuela. Sekalian jalan-jalan di Jakarta, karena selepas ujian kelulusan memang tidak ada kesibukan.

Alkisah kami hendak ke kedutaan X, yang berlokasi di Jakarta Pusat. Tidak tahu jalan, saya tanya ke kenek Kopaja.

ADA : bang, tau kedutaan X dimana ga?

KK (Kenek Kopaja) : ooo, tau bang. Ntar turun aja di perempatan depan, terus jalan ke arah utara. Sebelah kanan jalan.

ADA : Jauh ga bang? Berapa meter kira-kira?

KK : 200 meteran lah.

Kami turun di perempatan yang dimaksud, lalu jalan kaki melintasi Jalan Rasuna Said. Selepas 15 menit tidak juga sampai, kami bertanya ke seorang pria yang melintas.

ADA : Mas, tau, kedutaan X dimana ga? Bener kesana? (sambil menunjuk ke depan)

MM (mas-mas) : Oooo... bener kok. Ntar kalo udah keliatan plang gedung Bidakara dari jauh, berarti udah deket.

ADA : Oooo... berapa jauh lagi kira-kira mas?

MM : 200 meteran lah.

ADA : 200 meter ya? Ok. Makasih mas.

Kami berjalan lagi, sampai 15 menit berlalu lagi. Tidak juga sampai. Tulisan Bidakara juga belum nampak sejauh mata memandang. Bertanya lagi ke tukang teh botol. Sambil jajan.

ADA : Bang, tau kedutaan X?

TTB (Tukang Teh Botol) : Oooo... tau-tau. Udah bener jalan ini. Terusin aja sampe keliatan plang Bidakara dari jauh.

ADA : (de ja vu?) berapa jauh kira-kira bang?

TTB : hmmm.... berapa meter lagi ya... (berguman sendiri)

TSYMTS (Teman saya yang mulai tidak sabar) : 200 meter ada?

TTB : YA! Kira-kira 200 meter lagi lah!

Akhirnya 15 menit kemudian kami tiba di kedutaan X tersebut, sambil belajar satu hal baru : Menanyakan jarak di Jakarta adalah sebuah pertanyaan bodoh!


Jalan Kaki

Alkisah ketika saya baru lulus SMA, masih dalam rangka pencarian beasiswa, saya bersama teman saya mencari kedutaan sebuah negara. Waktu itu saya sedang berada di daerah Komdak, dan kedutaan yang dituju berada di dekat gedung BEJ. Dan saya belum terlalu tau Jakarta.

ADA : Pak, kalo dari sini ke BEJ jauh ga pak?

BB (Bapak-bapak) : BEJ? Deket kok dek. Naek bis itu aja tuh (menunjuk sebuah bis).

ADA : Naek bis pak? Jauh ya?

BB : Yeee, dibilangin deket ga percaya. Nanti bayar aja seribu seorang.

ADA : Kalo jalan kaki bisa gak pak?

BB : Dek, di jakarta itu kalo dibilang deket juga mending naik bis aja. Ukuran jauh sini sama di kampung beda.

ADA : (Setan!)

TSYMP (Teman Saya Yang Masih Penasaran) : Jadi ga bisa kalo jalan kaki ya pak?

BB : Jalan kaki mau ke Surabaya juga bisa dek! Tapi jauh!



Demikianlah sekelumit kisah tentang pertanyaan bodoh....

Masih banyak sih, tapi saya tidak sebodoh itu untuk menceritakan semuanya sekaligus =D


Keterangan : Gambar diambil (maaf tanpa ijin) dari :

- www.krlmania.com

- www.mitra-leather.com

- www.seasite.niu.edu

No comments: